Site Loader
Trik Memilih Rumah Aman di Pusat Pandemi Covid-19

Liputan6. com, Cirebon – Pandemi covid-19 berdampak kepada sepinya aktivitas ekonomi di berbagai sektor. Umum lebih memilih tidak mengeluarkan kekayaan mereka selain untuk kebutuhan isi selama covid-19.


“Selama covid-19 penjualan menurun drastis tertib yang datang langsung maupun yang membeli. Bahkan ketika penerapan lockdown dekat tidak ada karena kita pada rumah saja, ” kata Manajer Marketing Lobunta Land Cirebon Rayi Dadan Gumilar, Kamis (16/7/2020).

Ray menyebutkan, selama pandemi covid-19 penurunan penjualan sampai 70 persen. Namun, 3 bulan setelah pemerintah melonggarkan petunjuk ada kenaikan 30 persen.


Namun demikian, kata dia, sepinya penjualan akibat covid-19 tak mengurangi nilai investasi perumahan. Dia memastikan sektor properti menjadi salah satu investasi yang menjanjikan di tengah pandemi covid-19.


Sektor ekonomi di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Covid-19 Cirebon perlahan mulai bangkit. Selain sektor turisme, pengusaha developer juga mulai bergeliat.


“Seperti kita ketahui banyak orang menyimpan uang mereka saat covid-19. Properti sebenarnya mampu jadi pilihan investasi karena nilainya tidak pernah turun, ” logat dia.


Dia menuturkan, di perumahan Lobunta Land Cirebon sendiri nilai investasi naik 20 persen setiap tahun. Setiap separuh tahun naik 10 persen.


Ray mengaku, kenyamanan dan keamanan konsumen di tengah iklim pandemi covid-19 menjadi sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, dia memberikan beberapa tips mencari hunian yang bernilai investasi serta tanpa mengeluarkan banyak uang.


“Tadi yang pertama lokasi karena kedudukan menentukan harga jika strategis ukuran investasi naik, ” sebut dia.

dua dari 3 halaman

Manajemen Keuangan

Selain lokasi, disarankan memahami kondisi lingkungan kira-kira. Diukur dari banyaknya penghuni dan karakter di kawasan tersebut.


Berikutnya yakni mengetahui nilai bangunan rumah maupun spesifikasi asing sebelum membeli. Dia mengimbau biar lebih dulu memperhitungkan akses sebelum membeli rumah.


“Di Lobunta Land Cirebon dekat dengan pasar tradisional, sarana olahraga, ibadah fasilitas kesehatan seperti puskesmas tenggat rumah sakit, ” sebut dia.


Menurutnya, tingkat ketenteraman di kawasan perumahan sendiri dianggap sangat penting. Salah satunya implementasi protokol kesehatan baik untuk tamu maupun penghuni yang akan mengakar lingkungan rumah mereka.


“Di tempat kami ada rencana penyemprotan disinfektan di perumahan di setiap dua minggu sekali. Dari situ konsumen bisa mengukur berapa keinginan uang untuk investasi dan dana sendiri, ” kata dia.


Pada kesempatan tersebut, tempat menyebutkan sejumlah strategi Lobunta Land Cirebon menjual rumah. Sejumlah rencana penawaran khusus dilakukan untuk mendapatkan konsumen.


“Ada kalender Rp3 juta dapat kavling lalu Rp10 juta sudah akad. Khusus KPR dapat ‘istri’ yaitu internet, sofa, televisi, rice cooker, dan ipad. Untuk yang beli cash bertahap di klaster Kenanga dapat motor matic tanpa diundi desain suka-suka. Untuk klaster Teratai Ekslusif bonus furniture dan Cctv dirumah, ” ujar dia.


Namun demikian, program penanganan sendi yang ditawarkan Lobunta Land Cirebon adalah komersil.


Tempat menyebutkan, untuk rumah bersubsidi telah selesai sejak 2010. Perusahaan developer yang beroperasi sejak 1997 itu mengaku optimis sektor perumahan tentu tumbuh di Pantura Jawa Barat.


“Total luas tanah 32 hektare dihuni lebih daripada 1200 kepala keluarga mulai dari yang subsidi terakhir terjual beres tahun 2010. Sekarang naik posisi jual rumah komersil, ” perkataan dia.


3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

Daniel Powell