Site Loader
Sempat Turun, Anies Sebut Kenaikan Urusan Covid-19 di Jakarta Akibat Libur Panjang

Liputan6. com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan, kemajuan kasus positif Covid-19 di ibu kota merupakan dampak dari pelaksanaan libur panjang beberapa hari dengan lalu. Dia mengatakan, kasus harian Covid-19 di Jakarta sejatinya sempat menurun.


“Tapi masa kita sudah mulai turun nih, tiba-tiba ada long weekend , kita tetap laksanakan. Konsekuensinya kita sekarang mulai menyaksikan kenaikan lagi peak -nya, ” kata Anies dalam video YouTube Layanan Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Dia menyebut, terjadi kemerosotan kasus Covid-19 di Jakarta saat Pemprov DKI menarik rem genting pada pertengahan Oktober 2020.


Sementara saat ini, sebutan Anies, 69 persen tempat rebah ICU di 98 rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Jakarta telah terisi.


“Kamar isolasi di rumah sakit terpakai sekitar 75 persen, dan tempat isolasi mandiri terpakai 53 upah, ” ucapnya.


2 dari 3 kaca

Harapan Wagub DKI pada Jokowi

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan tren kenaikan kasus rajin virus corona atau Covid-19 yakni efek dari libur panjang. Pokok saat ini klaster terbesar di Ibu Kota yaitu rumah tangga atau perumahan dan disusul dengan perkantoran.


“Untuk tersebut kami meminta kepada semua warga Jakarta, pada libur panjang simpulan tahun ini kami minta kebijakannya kesadarannya untuk libur panjang tetap berada di Jakarta. Di panti masing-masing, ” kata Riza pada Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2020).


Dia menyatakan bepergian saat libur panjang berpotensi adanya penyebaran virus corona Covid-19. Sebab hal itu, Riza mengharapkan Kepala Joko Widodo atau Jokowi bisa memberikan kebijakan baru jelang libur panjang akhir tahun.


“Mudah-mudahan Bapak Presiden akan menjemput satu kebijakan yang baik supaya bisa satu kebijakan libur lama ke depan. Agar bisa mengurangi penyebaran Covid di seluruh Nusantara termasuk DKI, ” ucapnya.


3 daripada 3 halaman

Saksikan Gambar Pilihan Berikut Ini:

Daniel Powell