Site Loader
Pertama Bergabung, Shin Tae-yong Curhat Lelahnya Latih 3 Timnas Indonesia

Jakarta – PSSI memperkenalkan Shin Tae-yong  sebagai pembimbing Timnas Indonesia pada pengujung 2019. Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga diberi mandat untuk menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia.


Shin Tae-yong juga diberi tanggung jawab untuk memimpin Tim nasional Indonesia U-22 dan U-19, pada mana kategori usia terakhir bakal berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Hanya Timnas U-16 dengan tak ditangani Shin Tae-yong dan tetap diasuh oleh Bima Ajaib.

“Awalnya, saya rasa tidak sulit buat menangani tiga level Timnas Indonesia. Namun, saya merasa ternyata bertambah sulit ketika sudah mengumpulkan pemeran, ” kata Shin Tae-yong semacam dikutip KBS News , Selasa (2/6/2020).


Meski demikian, Shin Tae-yong ada lebih mudah untuk membentuk awak yang dihuni pemain muda. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan menyepak bola Indonesia.


“Untuk mengembangkan sepak bola Indonesia di dalam jangka panjang, tentu saja saya memiliki keuntungan karena membentuk pemain sejak dini, ” ujar  Shin Tae-yong.

2 dari 2 halaman

Fokus ke Piala Dunia U-20 2021

Shin Tae-yong   beruntung tak tersedia agenda yang bentrok dari ke-3 level Timnas Indonesia. Untuk kelas senior, memang masih  ada 3 laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022.


Namun, secara hitung-hitungan sudah tak berpeluang sehingga tekanan pada tugas Shin Tae-yong tak terlalu berat.   Akan tetapi, ada agenda Piala AFF yang jika sesuai jadwal akan diikuti Timnas Indonesia di dalam akhir 2020.


Sementara itu, Timnas Indonesia U-22 tak memiliki agenda karena tidak lolos ke Olimpiade Tokyo. Adapun stan terpenting Shin Tae-yong adalah Beker Dunia U-20 2021, di mana Timnas Indonesia U-19 akan beradu dan memegang status tim majikan rumah.


Sumber:   KBS News


Disadur dari: Bola. com (penulis Zulfirdaus,   editor Benediktus, published 2/6/2020)

Daniel Powell