Site Loader
Menkop UKM Tekankan Pentingnya Digitalisasi untuk Koperasi

Liputan6. com, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki tekankan pentingnya penerapan digitalisasi di koperasi untuk melayani anggotanya khususnya dalam pembiayaan modal kerja.


Digitalisasi dalam awak koperasi akan membuat transparansi penyaluran dana hingga catatan keanggotaan mampu diakses dengan mudah dan tenteram.

“Pembiayaan di koperasi ini penting didigitalisasi. Kita dorong manajerialnya agar bisa lakukan penyaluran dana bergulir yang lebih mudah dan murah buat UKM, ” ujar Teten pada kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (11/6/2020).


Digitalisasi juga akan membantu koperasi meluluskan pelayanan yang terbaik kepada anggotanya. Teten kemudian menyoroti banyaknya UKM dan pedagang di pasar yang terpaksa meminjam dari rentenir karena rentenir dianggap lebih proaktif menentang calon nasabahnya.


“Sampai saat ini kita lihat UKM masih gunakan pembiayaan yang menindas dari rentenir. Di pasar tersebut, tengah malam barang-barsng datang, mereka tahu pedagang nggak ada kekayaan, lalu mereka samperin, ” katanya.


dua dari 3 halaman

Bertambah Pilih Koperasi daripada Rentenir

Jika akses pembiayaan melalui koperasi lebih mudah, Teten tetap para pedagang dan pelaku UKM akan lebih memilih meminjam dalam koperasi daripada harus ke rentenir.


“Makanya ini kudu didigitalisasi untuk transparansi, jadi KSP ini bisa berikan layanan utama, ” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan dalam Bawah Ini:

Daniel Powell