Site Loader
Makna Emas Terkikis Pupusnya Harapan Provokasi dari The Fed

Liputan6. com, Jakarta Nilai emas jatuh ke level terendah dalam lebih dari seminggu, sudah Federal Reserve AS memupus jalan investor tentang lebih banyak kucuran stimulus untuk mendukung ekonomi yang dilanda virus Corona.


Melansir laman CNBC, Jumat (18/9/2020), harga emas di pasar spot turun 0, 8 persen menjadi USD 1. 943, 87 bagi ounce, setelah jatuh ke tangga terendah sejak 9 September pada USD 1. 932, 36. Mengenai emas berjangka AS turun 1, 1 persen menjadi USD 1. 949, 90.

“Terlepas dari kenyataan kalau Fed cukup dovish, tampaknya untuk pasar emas itu tidak lulus dovish, ” kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities.


Dia mengutarakan, ada kekhawatiran bahwa dengan tidak ada lagi Pelonggaran Kuantitatif, barangkali ada sedikit momentum untuk nilai emas.


The Fed berjanji untuk mempertahankan suku bunga mendekati level nol sampai inflasi berada di jalur untuk “secara moderat melebihi” target inflasi 2 persen “untuk beberapa waktu”.


Harga emas telah terbang 28 persen sepanjang tahun itu, dibantu suku bunga yang mengarah nol secara global dan seruan untuk lindung nilai terhadap inflasi yang dirasakan.


Namun, Bank Sentral AS juga menyatakan bahwa pihaknya mengharapkan pemulihan ekonomi yang lebih cepat dari anggapan sebelumnya, dengan pengangguran turun bertambah cepat dari yang diharapkan di Juni.


“Banyak yang mengharapkan kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana Fed berencana untuk menerbitkan inflasi dalam beberapa bulan kelak, ”  ujar Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff dalam sebuah catatan.


Wyckoff memasukkan bahwa meskipun terlihat ada lagu jual dalam emas dan galuh, situasi seperti itu juga telah mengundang kenaikan logam untuk mendarat tangan dan membeli penurunan untuk menjaga tren naik harga dengan keseluruhan tetap hidup dalam emas dan perak.


Sementara itu, klaim pengangguran baru AS tetap bertengger di level dengan lebih tinggi minggu lalu membuktikan pemulihan pasar tenaga kerja dengan terhenti.


Di wadah lain, harga perak turun 1, 4 persen menjadi USD 26, 85 per ounce, platinum mendarat 3, 5  persen menjadi USD 934, 70 per ounce, serta paladium turun 3  persen menjelma USD 2. 327. 51


2 daripada 3 halaman

Harga Emas Diprediksi Terjun Bebas, Saatnya Berniaga

Harga emas di rekan spot tercatat naik tipis 0, 1 persen menjadi USD 1, 958. 29 per ounce, sesudah mencapai level tertinggi sejak 2 September di USD 1, 973. 16. Sementara, harga emas berjangka AS tercatat naik 0, 1 persen menjadi USD 1. 968, 20.


Meski sedang naik, harga  emas  diprediksi bisa terjun bebas bahkan hingga kelas USD 1. 794 per ounce di kuartal IV 2020. Penasihat PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menyatakan, hal ini mampu terjadi karena indeks dollar dengan menguat.


“(Hal ini) dipengaruhi optimisme Federal Reserve Amerika Serikat (AS) atas kebijakannya menyandarkan suku bunga hingga 2023 ketika pasar tenaga kerja mencapai “lapangan kerja maksimum” dan inflasi beruang di jalur untuk “melebihi” bahan inflasi 2 persen, ” ujar Ibrahim saat dihubungi  Liputan6. com , Kamis (17/9/2020).


Lalu, perkiraan pertumbuhan ekonomi yang lebih positif dan penjelasan Presiden AS Donald Trump soal vaksin juga mendorong indeks dollar menguat.


Wacana Golongan Komunis China yang menyatakan siap perang dengan AS dan ASEAN serta ketegangan Turki dan Yunani atas Laut Mediterania, kata Ibrahim, sebenarnya menggoyang harga emas buat bisa naik.


“Tetapi rupanya pasar (tidak) mengindahkan keterangan geopolitik tersebut karena itu pertama berupa wacana dan di Cina sendiri baru Partai Komunis, tidak presiden Cinanya, ” kata Ibrahim.


Oleh karenanya, kehormatan emas diproyeksi bakal anjlok. “Peluang harga emas internasional terjun luput ke USD 1. 919, USD 1. 860 dan USD satu. 794 sangat besar sekali. Nilai tersebut sesuai dengan data teknikal (W1) di metatrader, ” jelasnya.


Kata Ibrahim, kamar September ini emas berpeluang turun ke angka USD 1. 919 per ounce, kemudian merosot ke USD 1. 860 hingga USD 1. 794 di kuartal IV.


“Oleh karenanya, ini saat yang tepat agar menjual sekarang, karena ada harapan akan di bawah Rp 1 juta (per gram). Jangan sampai membenahi emas terlalu lama, ” masukan Ibrahim.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Daniel Powell