Site Loader
Kesimpulan PSSI Tak Restui Keinginan Shin Tae-yong Gelar TC di Korsel Dinilai Tepat

Jakarta – Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena, menyebut keputusan PSSI melarang Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan telah tepat. Menurut Yeyen, keamanan dan keselamatan pemain Timnas Indonesia U-19 adalah yang paling utama.


Pemilihan tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 menjadi dasar perselisihan antara PSSI dan Shin Tae-yong. Keinginan yang tidak dikabulkan membuat pelatih asal Korea Selatan itu menuding PSSI tidak menolong programnya.

Yeyen Tumena menyebut keputusan PSSI sudah tepat. Situasi Korea Daksina saat ini tidak kondusif karena ada gelombang kedua pandemi virus corona.


“Terkait TC di Korea Selatan, harus maka perhatian membawa anak-anak berusia 19 tahun keluar Indonesia dengan situasi pandemi COVID-19. Apalagi, di Korea terjadi gelombang pandemi kedua sehari setelah lockdown dibuka, ” kata Yeyen Tumena.

2 dari 3 halaman

Beban PSSI

Memaksakan TC di Korea Selatan tentu akan menjadi beban PSSI terhadap orang tua pemain. Kebanyakan pengampu tentu tidak merestui anaknya ke Korea Selatan di tengah situasi pandemi virus corona laksana saat ini.


“Coba bayangkan orang tua dari pemeran Timnas U-19 yang anaknya akan dibawa TC keluar Indonesia secara risiko COVID-19  cukup besar. Bisa-bisa para wali tidak akan merahmati anaknya pergi jauh dalam suasana pandemi ini. Jangankan anak bermain sepak bola ke negara asing, sekolah di dekat rumah sekadar tidak dilepas, ” ucap Yeyen Tumena.


PSSI sampai saat ini masih menunggu kembalinya Shin Tae-yong  dari Korea Daksina ke Indonesia. Setelah itu, pemfokusan latihan Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan bisa digelar mulai Juli 2020.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Sudah Melunak

Shin Tae-yong sebenarnya sudah melunak terkait tempat pemusatan pelajaran Timnas Indonesia U-19. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 mengaku siap menggelar pemusatan pelajaran di mana saja.


“Paling penting buat masyarakat Nusantara adalah perkembangan tim sepak bolanya dalam mencapai prestasi. Saya sungguh berencana untuk membawa Timnas Nusantara U-19 ke Gyeongju dan membiasakan di sana, akan tetapi sekarang saya bersedia melatih di mana saja, ” tegas Shin Tae-yong.


Namun, belum diketahui kapan Shin Tae-yong dan tim kepelatihannya kembali ke Indonesia. PSSI sampai saat ini masih menunggu itikad baik dari Shin Tae-yong untuk segera kembali ke Desa Air.


Disadur dari Bola. com (Zulfirdaus Harahap / Benediktus Gerendo Pradigdo)

Daniel Powell