Site Loader
Jokowi: Hati-Hati Corona Berimbas ke Geopolitik Global, China-Amerika Memanas

Liputan6. com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pandemi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 telah berimbas terhadap kondisi geopolitik global. Salah satunya, kondisi di Bahar China Selatan yang kian radang.


Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan pada peserta Program Kegiatan Bersama Kejuangan 2020. Acara ini diikuti sebab Sesko TNI, Sespimti Polri, Sesko Angkatan, dan Sespimmen Polri secara virtual dari Istana Bogor Jawa Barat, Selasa (28/7/2020).

“Hati-hati ini sudah mengimbas ke geopolitik global. Tersebut semuanya harus tahu, Laut China Selatan memanas, China-Amerika semakin memanas, ” ujar Jokowi.


Jokowi awalnya memaparkan pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi minus akibat pandemi Corona. Untuk itu, dia ingin Indonesia mengambil momentum tersebut agar tak terpuruk.


“Tentu kita akan terus berjuang menyeleasikan masalah Covid dan perkara ekonomi yang terjadi di negara kita tapi momentum ini kudu kita ambil, harus kita ambil, ” kata  Jokowi.


Caranya, dengan bekerja dengan lekas dan melakukan terobosan-terobosan baru jadi bisa bersaing dengan negara-negara asing. Selain itu, Jokowi juga menodong agar peraturan dan prosedur disederhanakan agar penanganan Covid-19 segera terlewati.


Pasalnya, upaya pengerjaan kerap terhambat karena banyaknya metode dan peraturan. Padahal, kata tempat, di kondisi pandemi corona tersebut negara yang berhasil menyelesaikan persoalan dengan cepat adalah pemenangnya.


“Semuanya memang harus kita ubag semuanya, terlalu banyak sistem yang membelenggu kita sendiri, dengan membuat kita sendiri, membelenggu kita sendiri. Terlalu banyak prosedur, sungguh-sungguh banyak tahapan-tahapan padahal kita memang bisa langsung, ” jelas Jokowi.


2 dari 3 halaman

Menimbulkan TNI/Polri Terlibat

Jokowi pun ingin TNI/Polri terkebat untuk menangani persoalan Covid-19. Jokowi berharap para perwira TNI/Polri dengan tengah menempuh pendidikan itu sanggup memberikan ide-ide baru agar persoalan lebih cepat terselesaikan.


“Saya meminta kepada saudara-saudara, para peserta Sesko, Sespimti, Sespimmen, bahadur memberi nuansa baru yang bertentangan. Memberikan pemikiran baru yang berbeda, menuntun dan menemukan cara pertama lebih cepat, ” tutur Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Daniel Powell