Site Loader
Era Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Sumsel Justru Turun

Liputan6. com, Jakarta – Harga empat kebutuhan pokok di Sumatera Selatan justru mengalami kemerosotan saat Ramadan ini.


Penurunan harga saat Ramadan tersebut dikarenakan dipengaruhi penyebaran virus Corona Covid-19.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Nusantara Provinsi Sumatera Selatan Hari Widodo, empat kebutuhan pokok tersebut adalah cabai merah, daging ayam suku bangsa, telur ayam ras, dan padi.


“Terjadi anomali, lazimnya saat Ramadhan justru naik, akan tetapi ini justru turun. Penyebabnya, karena sebagian besar sedang panen & pemberlakuan pembatasan sosial di asosiasi, ” ujar Hari, seperti dilansir Antara , Senin (11/5/2020).


Dia mengucapkan, anjloknya harga ayam ras sangat berpengaruh pada pergerakan inflasi di Sumatera Selatan (Sumsel).


Dampaknya, kata Hari, pada April 2020, Sumsel mengalami deflasi 0, 15 persen, selain dipicu pula penurunan harga cabai merah serta tarif angkutan udara. Termasuk zaman Ramadan ini.


“Padahal pada Januari, Februari hingga Maret 2020 mencatatkan inflasi yakni masing-masing 0, 60 persen, 0, 27 persen dan 0, 04 persen, ” ucapnya.


2 dari 3 kaca

Ada Kebutuhan Tetap Nilai Tinggi

Akan tetapi, menurut Hari, ada juga sejumlah kebutuhan pokok dengan tetap bertahan di harga luhur atau malah naik selama Ramadan ini.


Misalnya saja gula pasir pada kisaran Rp 17 ribu-Rp 18 ribu semenjak kilogram. Selain itu ada pula bawang merah, jeruk, anggur, & emas perhiasan.


“Khusus emas, harganya naik karena dipicu dengan kenaikan harga emas dunia, ” kata Hari.


Berdasarkan pantauan, di sejumlah rekan tradisional pada Sabtu, 9 Mei 2020, harga telur ayam suku bangsa Rp 18 ribu per kilogram atau turun dari biasanya Rp 21 ribu per kilogram.


Lalu ayam ras Rp 28 ribu per kilogram atau bergerak naik karena sebelumnya tahu anjlok Rp 20 ribu bola lampu kilogram dan cabai merah bekerja turun dari Rp 30 seperseribu per kilogram menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Alternatif di Bawah Ini:

Daniel Powell