Site Loader
Enam Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Liputan6. com, Jakarta – Dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP. 9/AJ. 502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Kritis Kendaraan Bermotor, disebutkan  mobil-mobil anyar yang diniagakan di Indonesia mulai 2021 wajib dilengkapi dengan jalan pemadam api ringan (Apar).

Aturan yang ditetapkan pada 18 Februari 2020 tersebut diterapkan agar bisa meningkatkan keselamatan pengendara kendaraan bermotor.


Nah, bagi pemilik mobil sebelum tahun 2021, ada baiknya berinisiatif membawa APAR sendiri. Pokok, jika mobil terbakar maka kecelakaan sudah bisa dipastikan tidak kecil.

Berbicara soal mobil terbakar, selain menyiapkan APAR, pemilik mobil juga perlu tahu bahwa ada beberapa pasal kebakaran. Tidak melulu soal korsleting sistem kelistrikan atau mesin terlalu panas (overheat).


Ada banyak komponen mobil yang memungkinkan terjadinya kebakaran. Selin itu serupa perilaku pemilik yang juga bisa menjadi penyebab mobil terbakar.


Contohnya saja, salah memakai aksesori mobil yang tidak cocok standar. Atau bisa saja pemilik jarang merawatnya. Berikut ada enam penyebab mobil terbakar yang ijmal terjadi dilansir dari Zing. vn:


Jarang Menyelenggarakan Mobil


Perawatan mobil perlu dilakukan agar tak hanya membuat performa selalu bugar dan tampilan yang keren, akan tetapi juga perlu agar bisa menghalangi risiko kebakaran.


Salah satu pencegahan dalam merawat mobil merupakan memeriksa kelistrikan dan tangki bahan bakar yang harus dilakukan dengan berkala. Lakukan pemeriksaan bagian pesawat juga jangan kelewatan ya Otolovers.  


2 dari 5 halaman

Pasang Aksesori Tambahan

Menambahkan  aksesori  untuk mobil kerap dilakukan. Tapi jika pemilihan aksesori tidak tepat, bisa menimbulkan risiko kebakaran mobil. Pilih pelengkap yang sesuai standar dan pasang di bengkel yang terpercaya.


Mesin Terlalu Panas


Seperti dikenal di awal, mesin terlalu panas alias overheat memang bisa memicu terjadinya kebakaran. Hanya saja, suasana itu didukung dengan cairan cantik minyak atau cairan pendingin yang tumpah.


Bala


Otolovers sudah sering melihat insiden kebakaran dengan bermula dari kecelakaan bukan? Yap, itu sangat mungkin terjadi, kelanjutan komponen vital mobil seperti baterai atau tangki bahan bakar terdampak insiden.


3 dari 5 halaman

Catalytic Converter Terlalu Panas

Aturannya, catalytic converter berfungsi menyaring polutan pada gas buang. Tapi rupanya, komponen tersebut juga bisa memicu terjadinya kebakaran mobil jika suhunya terlalu radang.


Untuk mencegahnya, lakukan perawatan dengan mengamati busi serta konsumsi BBM yang disarankan.


Kesalahan Desain


Sebab yang satu ini terkesan sepele, tapi bisa menyebabkan insiden fatal. Contohnya, penyerasian kabel atau tata letak dengan tidak aman pada desain itu memiliki risiko menyebabkan  kebakaran  yang besar.


Sumber: Otosia. com

4 dari 5 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Itu:

Daniel Powell