Site Loader
10 Cara Memutihkan Lutut dan Segan, Pakai Bahan Alami

Liputan6. com, Jakarta Cara memutihkan lutut dan siku untuk sebagian orang adalah datang ke salon kecantikan. Memang benar & efektif, tapi bukan berarti tak ada cara lain selain merogoh kocek dalam bukan? Masih ada perawatan rumahan yang bisa dipraktikkan.


Tak harus sampai ke salon kecantikan, karena cara memutihkan lutut dan siku secara bahan alami bisa diterapkan. Target yang dipakai juga mudah sekali ditemukan, murah meriah lagi. Berangkat dari mentimun, lidah buaya, pingai, baking soda, oatmeal, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahan-bahan ini memiliki kemampuan menghambat pigmen melanin dan mengangkat sel kulit mati. Enggak heran kalau memang cocok dijadikan sebagai cara memutihkan lutut dan siku secara alami. Aman dan enggak bikin iritasi.


Berikut Liputan6. com ulas jalan memutihkan lutut dan siku dengan bahan alami dari berbagai sumber, Jumat (16/10/2020).

2 dari 6 kaca

Cara Memutihkan Lutut & Siku

Mentimun


Mentimun bisa dipakai sebagai jalan memutihkan lutut dan siku secara alami.   Lebih tepatnya membantu mencerahkan area lutut dan tangan. Hal ini dipengaruhi sifat pemutih dan kandungan vitamin A & C yang dimilikinya.


Mentimun pun mampu berperan menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit tetap lembab. Hal itu pula yang menjadikan mentimun masuk dipakai untuk perawatan kulit, tak sekadar memutihkannya saja.


Gosok irisan mentimun tebal dengan lembut pada lutut dan segan selama 15 menit. Biarkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.


Bisa juga dengan mencampur jus mentimun dan jus lemon dalam total yang sama. Oleskan campuran itu pada lutut, siku, dan juga ketiak. Biarkan selama 20 menit dan bilas. Lakukan ini setiap hari.


Lemon


Lemon tak hanya nikmat dikonsumsi. Buah yang satu ini cocok dipakai untuk perawatan kulit. Termasuk dipakai sebagai cara memutihkan lutut dan siku. Lemon mampu dicampur dengan baking soda.


Lemon dikemas dengan antioksidan dan vitamin C yang mempromosikan regenerasi kulit dan meningkatkan warna kulit. Sementara, soda kue berlaku sebagai pembersih yang lembut & efektif untuk memutihkan area kulit yang gelap.


Caranya, ambil lemon dan potong menjadi 2 bagian. Taburkan 1 sdm baking soda di atas pingai. Gosokkan pada lutut dan malas selama 1 menit. Lalu, diamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat. Ulangi seluruhnya setiap 2 hari untuk hasil yang diinginkan.

3 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Lutut dan Siku

Lidah Buaya


Bertopang buaya memang ahlinya perawatan jangat. Tak hanya kulit wajah, tetapi kulit lutut dan siku. Buat bisa menjadikannya cara memutihkan tewas dan siku, bisa menambahkan komposit susu.


Lidah bajul mengandung zat pelembap dan bisa mencegah pigmentasi kulit. Lidah bajul pun memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Enggak heran kalau lidah buaya cocok dipakai untuk memutihkan lutut dan siku.


Campurkan susu dengan jumlah sesuai dan gel lidah buaya, morat-marit oleskan pada lutut dan siku. Biarkan semalaman dan bersihkan dalam pagi harinya. Bisa juga gunakan ekstrak gel tanaman aloe vera secara langsung. Lalu oleskan dalam lutut dan siku. Biarkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air hangat.


Kentang


Kentang tak hanya sumber karbohidrat yang baik. Pokok yang satu ini juga pas dipakai sebagai cara memutihkan lutut dan siku. Manfaat ini berpangkal dari kandungan katekolase yang dimilikinya.


Parut kentang, memperbudak jusnya, dan oleskan ke jangat. Biarkan di kulit selama 15 menit, lalu bilas dengan minuman. Oleskan pelembap. Lakukan secara rutin untuk hasil lebih maksimal.

4 sejak 6 halaman

Cara Memutihkan Lutut dan Siku

Kunyit


Kunyit disebut mampu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Hal inilah yang membuatnya cocok dipakai sebagai cara memutihkan lutut dan siku. Kunyit biar mengandung senyawa curcumin yang bisa mengatur kelebihan produksi melanin.


Campurkan bubuk kunyit dengan 1 sdt susu, oleskan dalam lutut dan siku. Pijat selama beberapa menit dan biarkan had kering secara alami. Bilas dengan air hangat. Tambahkan madu buat hasil lebih maksimal.


Minyak Kelapa


Patra kelapa dikenal memiliki kandungan masam lemak esensial dan vitamin E. Kedua kandungan ini baik untuk memperbaiki kulit yang gelap serta kering. Cara penerapannya juga benar mudah. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang gelap dan kering.


Pijat dengan tenang selama 2-3 menit sampai patra terserap ke dalam kulit. Tambahkan 1/2 sdt air lemon ke 1 sdt minyak kelapa. Pijat dengan lembut pada lutut dan siku selama beberapa menit.

5 daripada 6 halaman

Cara Memutihkan Lutut dan Siku

Teh Muda


Teh muda dikenal sebagai bahan pencerah bersahaja yang cukup populer.   Peristiwa ini dipengaruhi oleh senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) yang dimilikinya. Jadi memang teh hijau cocok dipakai sebagai cara memutihkan lutut & siku secara alami.


Menurut sebuah penelitian, EGCG sanggup mencegah akumulasi melanin. EGCG juga menghambat tirosinase, enzim utama dengan dibutuhkan pembuatan melanin.


Seduh sekantong teh hijau pada 1 cangkir air panas, lalu dinginkan. Celupkan bola kapas ke dalam teh dan peras. Oleskan kapas pada lutut dan segan. Ulangi dua kali sehari buat hasil lebih maksimal.


Baking Soda


Baking soda memang ahlinya pelezat kue. Meski begitu, bahan yang utama ini juga cocok dipakai jadi cara memutihkan lutut dan segan. Hal ini disebabkan karena kemampuannya mencerahkan. Kemudian bisa ditambah dengan gula, karena gula mampu menetapkan sel kulit mati dengan baik.


Siapkan 1/4 sdm baking soda dan tambahkan kurang air. Aduk secara merata sampai adonan berubah menjadi pasta. Cerai-berai tambahkan gula secukupnya.   Terapkan pada lutut dan siku, kemudian pijat perlahan dan memutar. Diamkan sebentar dan bilas dengan minuman dingin.

6 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Lutut dan Tangan

Oatmeal


Masker oatmeal dan yoghurt ini cocok dipakai sebagai cara memutihkan lutut dan siku. Oatmeal koloid ini mempunyai sifat antioksidan dan antiperadangan. Kedua kandungan ini efektif menyerap sinar UV.


Ketika yogurt dioleskan, nutrisi pada yogurt memajukan kadar air pada kulit. Ini membuat kulit lebih elastis dan meningkatkan kecerahan. Asam laktat yang ada dalam yogurt menghambat buatan enzim yang disebut tirosinase. Enzim ini bertanggung jawab untuk penerapan melanin. Melanin menyebabkan warna jangat menjadi gelap.


Campurkan 1 sendok makan yogurt secara 1 sendok makan oatmeal di dalam mangkuk kecil dan aduk menjelma satu. Berikan beberapa tetes madu, lalu aduk hingga larut. Oleskan dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.


Cairan Hidrogen Peroksida


Cara ini sungguh paling efektif, tetapi bagi Kamu yang memiliki kulit sensitif walaupun hati-hati dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.


Bila sudah mengantongi izin, mengenai cara mengaplikasikannya adalah menyelupkan bola kapas ke dalam cairan hidrogen peroksida, lalu oleskan ke tewas dan siku. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.


Itu tempat yang bisa Anda lakukan buat mengatasi kulit lutut dan segan yang hitam atau kering. Tanpa lupa untuk mengombinasikan cara itu dengan penggunaan pelembap setelah mandi, juga dilakukan secara rutin & teratur supaya hasilnya maksimal.

Daniel Powell